Label

Sabtu, 17 Desember 2011

Download Ebook Amir Sjarifuddin - Antara Negara dan Revolusi

Dokumen resmi sejarah Indonesia jarang sekali mencantumkan nama “Amir Syarifuddin” dalam bingkai sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. kalaupun ada, Bung Amir (panggilan akrab Amir Syarifuddin) diasosiasikan sebagai PKI yang mengkhianati perjuangan bangsa. Barangkali, buku yang berjudul Amir Sjarifuddin: Antara Negara dan Revolusi, karya Jacques Leclerc bisa menjadi media untuk menyegarkan kembali fikiran kita soal pergulatan revolusi dan peranan Bung Amir didalamnya. Jacques Leclerc, penulis buku tersebut, merupakan sosok yang unik sekaligus cukup brilyan. Ia banyak mencurahkan fikirannya dalam menulis soal revolusi Indonesia, pengalaman gerakan rakyat tahun 1940-an, dan memperkaya tulisannya dengan study perbandingan dengan pengalaman revolusi di negara lain, seperti revolusi Perancis.

Dalam dokumen Pusajarah TNI, dikatakan sosok Amir sebagai tokoh pemberontak dari Partai Komunis Indonesia(PKI) yang paling diincar oleh TNI. Amir merupakan salah satu pimpinan dari Front Demokrasi Rakyat (FDR) yang dituduh TNI mau melakukan kudeta terhadap pemerintahan Indonesia di Madiun. Di pemakaman umum Ngaliyan, Lalung, sekitar 5 km dari kota Karanganyar, terdapat sebuah gundukan tanah yang merupakan tempat peristirahatan jasad Amir dan 10 orang kawannya. Gundukan itu tidak bernisan. Tidak ada penanda apapun. Diatasnya hanya tumbuh sejumput rumput kering diselingi beberapa tangkai ilalang. Demikianlah, bagaimana bangsa ini menempatkan sosok Amir dalam pergulatan revolusi nasional.

Sebuah versi menyebutkan bahwa Amir merupakan salah satu kandidat calon proklamator kemerdekaan, selain Soekarno-Hatta. Pilihan ini tentunya tidak berlebihan mengingat peranan yang dimainkan oleh Amir dimasa perjuangan kemerdekaan begitu besar.


Download ajah langsung Ebooknya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jazakumullah sudah mau meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...