Label

Selasa, 24 April 2012

Ketika Polisi Mati Suri

Salah satu fungsi negara adalah memberikan pertahanan dan keamanan kepada warganya.  Negara harus bisa memberi rasa aman serta menjaga dari segala macam gangguan dan ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar. Dalam hal ini, fungsi pertahanan (ancaman dari luar) dilaksanakan oleh TNI, sedangkan fungsi keamanan (ancaman dari dalam) berada dalam tanggung jawab Kepolisian.

Melihat pemberitaan di media masaa dan kondisi yang kita rasakan langsung saat ini, sangat tepat jika kita nyatakan bahwa negara kita sedang dalam keadaan terancam dari dalam. Negeri kita bukan sedang diserang oleh negara tetangga, tetapi sedang digerogoti oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab di dalam negeri.


Dalam sepekan terakhir ini, televisi memberitakan bahwa di Ibukota Jakarta sedang marak  terjadi pembantaian warga di jalanan oleh geng motor. Bukan hanya terjadi selama berhari-hari secara simultan, tetapi juga kejadian tersebut berlangsung dengan leluasa tanpa ada tindakan pencegahan dari Kepolisian. Sangat miris, ibukota yang notabene pusat pemerintahan negara kita dan juga merupakan tempat seorang presiden bertugas, namun pengamannya sangat lemah. Hal ironis ini jelas membuktikan bahwa negara kita sangat mudah diserang dan diduduki oleh negara asing jika terjadi kondisi perang antar negara.

Sebenarnya bukan hanya di ibukota, kejadian pembantaian terhadap warga dijalananan pun sejatinya sudah marak terjadi di daerah. Tidak perlu jauh-jauh, cukup kita melihat pada daerah kita di Lampung, persisnya di Kotabumi. Di daerah ini hampir setiap hari ada kejadian pembegalan hingga penodongan dengan senjata api terhadap pengendara motor. Warga dilukai, kendaraannya direbut.

Anehnya, meskipun sudah memakan korban sekian banyak setiap hari, tetapi sepertinya Kepolisian hanya berdiam diri seolah mati suri. Tidak ada langkah konkrit dan tegas untuk menanggulangi pembegalan yang marak ini. Bahkan seolah-olah kejadian ini sengaja dilakukan pembiaran.

Sebagai warga negara kita banyak berharap keamanan terhadap rakyat segera dipulihkan. Jangan hanya karena dalih demi keuntungan pihak-pihak tertentu hal yang mengancam rakyat banyak ini dibiarkan. Kepada Kepolisian dinantikan langkah konkrit dan tindakan tegas, dengan bukti keamanan bagi rakyat yang benar-benar nyata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jazakumullah sudah mau meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...