Label

Rabu, 16 November 2011

Situs Megalitikum Batu Bedil di Lampung


Ini cerita tentang perjalanan saya pada awal tahun ini (dan ini sebenarnya merupakan tulisan saya juga di Kompasiana.com), yakni pergi menunaikan tugas penelitian (bahasa kerennya) ke sebuah daerah di kabupaten Tanggamus, Lampung.

Daerah ini tidaklah terlalu pelosok, Cuma saja kalau kita lihat di peta, hampir saja tidak ada. Nama desanya adalah Batu Bedil. Menurut penjelasan sang kepala desa setempat yang cukup baik hati tersebut(karena saya disuguhi teh di rumahnya saat itu. Hhee), desa ini dahulunya bernama : Gunungmeraksa

Dahulu nama desa ini adalah Gunung Meraksa. Kata bapak kepala desa yang baik tersebut (bilang baik karena dikasih sesuatu!), desa ini merupakan desa yang tertua di daerah ini. (ya iyalah, secara gituloh, inikan tempat yang mau saya ceritain adalah situs Megalitikum). Desa ini kemudian terbagi menjadi dua, yaitu Batu Bedil Hulu dan Batu Bedil Hilir.

Nah, adapaun di desa ini terdapat situs bersejarah, situs Megalitikum (kebudayaan batu besar, -batu pada zaman tersebut besar-besar?). Ada tiga situs di desa ini, yaitu situs Batu Bedil ini sendiri, situs Batu bertulis, dan situs Batu Gajah.

Situs Batu Bedil dinamakan demikian karena memang di sini ada sekumpulan batu, dan salah satunya berbentuk Bedil (senapan -pen). Begitupun dengan situs Batu Bertulis, karena diantara kumpulan batu di situs tersebut ada sebuah batu yang memiliki tulisan, atau orang sekolahan nyebutnya prasasti.

Dan yang menurut saya benar-benar paling keren adalah Batu Gajah, karena di sana ada sebuah batu yang bentuknya sangat mirip dengan kepala gajah. Tapi sayang sekali, saya hanya sempat mengabadikan Batu Bedil saja dengan kamera N73 kesayangan saya. Selengkapnya cari saja keterangan dan gambar2 kerennya di kantong ajaib mbah Google. insyaAllah sudah ada koq.







Kalau teman-teman sekalian terjatuh dari langit atau tersesat di Gunung Tanggamus, sempatkanlah sejenak untuk mampir ke situs ini. Hitung-hitung menebus nilai jelek sejarah saat SMA dulu. Hhee…

Oya, untuk situs bersejarah di Lampung yang saya ketahui dan memang pernah saya jumpai selain Batu Bedil ini ada lagi situs bersejarah Pugung Raharjo. Situs ini terletak di daerah Lampung Timur. Di sana ada yang namanya Punden Berundak (disama2in, hampir mirip Piramida lah), dan ada juga kumpulan tugu kuburan dari batu (apalah namanya lupa), yang kalau menurut saya sih lebih cocok sebagai Stonehenge-nya Lampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jazakumullah sudah mau meninggalkan komentar ^_^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...